MAKALAH
DOSEN : Kuwat setiyanto
TUGAS MATKUL : PENGANTAR KOMPUTASI MODERN
NPM : 54410874
Nama : Mustika Ningrum
Kelas : 4 IA19
TUGAS : Ke-1
Materi : P. KOMPUTASI ERA DULU DAN MODERN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
PENDAHULUAN
Proses pengolahan data telah
dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik
untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya dapat
mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu
evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat
mekanik mahupun elektronik.
Saat
ini, komputer dan peranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan
dan pekerjaan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Di antaranya
adalah sistem komputer di pasar raya yang mampu membaca kod barang belanjaan,
pusat telefon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, serta jaringan
komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Komputer ada
4 golongan yaitu:
1.
Peralatan manual: Iaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan
faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.
Peralatan Mekanik: Iaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan
dengan tangan secara manual
3.
Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik
4.
Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Komputasi
merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara untuk memecahkan suatu
masalah terhadap data input dengan sebuah algoritma. Data input disini
adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini
merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu
matematika. Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang
menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini
bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan
komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah
komputasi modern. Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi
dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1. Akurasi
2. Kecepatan
3. ProblemVolume Besar
4. Modelling
TEORI
Komputasi
modern saat ini yaitu memakai sistem berbasis Cloud computing atau komputasi
awan ini saya angkat menjadi judul untuk tugas besar dalam mata pelajaran
jaringan komputer. Alasan saya memilih judul cloud computing ini karena di saat
sekarang ini (berkembangnya teknologi) semua orang mudah untuk menyimpan data
tanpa perlu memikirkan keterbatasan hardware maupun software dan juga bisa
mengakses data mereka tersebut dimanapun dan kapanpun, semua itu bisa diatasi
oleh adanya cloud computing. Peran cloud computing saat ini sangat berpengaruh
dalam berjalannya suatu organisasi atau perusahaan, karena disebuah perusahaan
memerlukan kapasitas yang besar dalam menyimpan data dan juga butuh
fleksibelitas yang tinggi untuk mengakses data tersebut dimana saja dan kapan
saja.
Teori cloud computing berasal dari
evolusi bertahap dari beberapa teori sebelumnya, yaitu grid computing,
virtualisasi, application service provision (ASP), dan software as a service
(SaaS). Konsep penyatuan computing resource melalui jaringan global sendiri
dimulai pada tahun 60han. Saat itu muncul “Intergalactic computer network” oleh
J.C.R. Licklider, yang bertanggung jawab atas pembangunan ARPANET (Advanced
Research Projects Agency Network) di tahun 1969. Beliau memiliki sebuah
cita-cita di mana setiap manusia di dunia ini dapat terhubung dan bisa
mengakses program dan data dari situs manapun, di manapun. Para pakar komputasi
lainnya juga memberikan penambahan terhadap konsep ini, di antaranya John McCarthy
yang menawarkan ide mengenai jaringan komputasi yang akan menjadi infrastruktur
publik, sama seperti the service bureaus yang sudah ada sejak tahun ‘60-an.
Itulah sekilas teori cloud computing yang dikemukakan oleeh beberapa ahli IT
dibidangnya, sehingga terjadi pemikiran cloud seperti saat sekarang ini.
Dalam perkembangan
komputasi modern, kita tidak bisa melupakan begitu saja orang dibalik
perkembangan komputasi modern yang merubah semua pekerjaan jadi lebih mudah.
Sejarah komputasi dimulai dari seseorang ilmuan yang ternama di bidang
teknologi. Permulaan komputasi modern dimulai pada saat tahun 1926 oleh ilmuan
yang berasal dari hungaria yang bernama John Von Neumann.
Von Neumann seorang
ilmuan yang belajar dari Berlin dan Zurich dan mendapatkan
diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia
mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest.
Berkat keahlian dan kepiawaiannya Von Neumann dalam bidang teori game yang
melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern
yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah
terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit
(angka) di dalam kepalanya. Setelah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann
pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton serta
menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies. Dipicu
ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan
diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih
dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia
merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang.
Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program
dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
berdasarkan beberapa definisi di atas, maka komputasi modern dapat diartikan
sebagai suatu pemecahan masalah berdasarkan suatu inputan dengan menggunakan
algoritma dimana penerapannya menggunakan berbagai teknologi yang telah
berkembang seperti komputer.
Berikut ini
beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :
·
Konrad Zuse’s electromechanical “Z
mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk
aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3
operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
·
Berikutnya Non-programmable
Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan
tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori
kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih
seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
·
Selanjutnya komputer Colossus
ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada
alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan
lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk
memecahkan kode perang Jerman.
·
The Harvard Mark I ditemukan pada
1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan
programmability terbatas.
·
Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research
Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk
menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama
komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di
zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun
1941).
ANALISIS
Terdapat
perbandingan antara sistem komputer konvensional (kuno) dengan komputasi modern
kini yaitu cloud computing (komputasi
awan) dalam hal ketiga lapisan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini baik sistem
komputer konvensional maupun cloud computing, sama – sama memiliki 3 buah
lapisan dengan fungsionalitas berbeda.
Pada
sistem komputer konvensional, terdapat tiga buah lapisan dengan fungsionalitas
masing masing, yaitu :
1. Lapisan
1, yaitu lapisan infrastruktur (lapisan fisik). Berupa perangkat keras
(hardware) dari suatu komputer. meliputi motherboard, VGA, memory, processor,
dan sebagainya.
2. Lapisan
2, yaitu lapisan sistem operasi (disebut juga platform). Berupa sistem operasi
yang digunakan oleh komputer bersangkutan sehingga bisa menjalankan
fungsionalitas hardware maupun untuk menginstalasi dan menjalankan perangkat
lunak lainnya. Meliputi berbagai perangkat lunak di komputer maupun mobile : MS
Windows, GNU/Linux, BSD, Solaris, Android, Windows Mobile, Symbian, dan
sebagainya.
3. Lapisan
3, yaitu lapisan software (perangkat lunak). Berupa perangkat lunak yang
terinstall maupun dijalankan langsung oleh komputer melalui sistem operasi.
Ketiga
lapisan ini sama penting dan saling terkait. Lapisan 1 merupakan komponen
dasar. tanpa adanya hardware, suatu mesin (komputer) tidak akan bisa digunakan
meski telah tersedia perangkat lunak (dan sistem operasi). Demikian juga, tanpa
adanya sistem operasi dan perangkat lunak berupa aplikasi – aplikasi lainnya,
komputer yang hanya terdiri dari hardware saja tidak akan dapat berfungsi.
lapisan 2 menjadi jembatan yang menghubungkan antara lapisan 1 dan lapisan 3.
Sistem operasi menyediakan cara/metode agar aplikasi dan perangkat keras dapat
berkomunikasi dengan baik, termasuk juga dengan adanya perangkat lunak tambahan
berupa driver.
Referensi :
Anonim. (2012). Kelebihan dari Cloud Computing. http://blog.binadarma.ac.id/nayel/2012/11/22/kelebihan-dari-cloud-computing-komputasi-awan.html .
Anonim. (2011). Mekanisme Akses Cloud Computing.http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Cloud_Computing#Mekanisme_Akses_Cloud_Computing .
Anonim. (2011). Mengenal apa dan cara kerja dari Cloud Computing. http://iklansurya.net/cloud-computing-mengenal-cloud-computing-dan-cara-kerjanya .
Anonim. (2011). Sejarah Cloud Computing. http://www.iqbalnurhadi.com/2011/03/sejarah-cloud-computing/ .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar